Sabtu, 07 Maret 2015

SNMPTN SBMPTN


  • SNMPTN 
Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri ( SNMPTN) ,seleksi secara bersama yang diikuti Perguruan Tinggi Negeri (PTN) ini merupakan seleksi masuk perguruan tinggi tanpa tes sobat, jadi sobat tidak perlu melakukan tes tertulis ,untuk SNMPTN ini sobat hanya menggunakan nilai Rapot kelas 10 s.d 12 atau Rapot semester 1 s.d 5 dengan syarat nilai rapot atau rangking sobat dari semester 1 s.d 5 grafiknya naik atau nilainya bagus bisa juga disertakan prestasi non akademik yang bersertifikat minimal juara 3 tingkat kota atau kabupaten.
Untuk sekolah SMK atau Teknik disarankan agar mengambil jurusan yang linier (nyambung) dari jurusan SMK untuk jurusan di perguruan tinggi.


  • SBMPTN
Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) ,seleksi secara bersama yang diikuti Perguruan Tinggi Negeri (PTN) ini merupakan seleksi masuk perguruan tinggi dengan mengikuti tes tertulis. SBMPTN biasanya dimulai setelah seleksi SNMPTN selesai, jadi untuk sobat yang mengikuti seleksi SNMPTN tetapi tidak lolos masih ada kesempatan untuk mengikuti seleksi SBMPTN.
Seleksi tertulis ini dibagi menjadi 2 jurusan yaitu jurusan IPA (SAINTEK) dan IPS (SOSHUM) untuk sobat-sobat dari sekolah SMK tidak harus memilih jurusan yang sesuai dengan jurusan saat di SMK karena di seleksi SBMPTN ini sobat-sobat bebes memilih jurusan yang sesuai minat sobat tentunya :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar